Saturday, January 28, 2012

CONTOH FORMAT PENILAIAN KARAKTER | SILABUS RPP BERKARAKTER


Contoh Penilaian Karakter
Penilaian Aspek Perilaku Berkarakter dan Berketerampilan Sosial
Aspek
Deskriptor
Ya
Kadang-kadang
Tidak
PERILAKU BERKARAKTER
1.     Bertanggungjawab

·   Apakah kamu melaksanakan tugas dengan penuh tanggungjawab?
·   Apakah semua tugas yang dibebankan dapat kamu selesaikan dengan baik?



2.    Berpikir logis, kritis, kreatif, dan inovatif

·   Ketika  menyelesaikan tugas, apakah kamu selalu berpikir dan melakukan sesuatu sesuai kenyataan atau logika?
·    Apakah kamu selalu bersikap kritis dalam berpendapat?
·   Apakah kamu sering  menghasilkan cara atau hasil baru dan termutakhir dari  apa yang telah kamu kerjakan?



3.     Ingin Tahu

·   Apakah kamu selalu berupaya untuk mengetahui lebih mendalam dari apa yang yang sudah kamu pelajari?
·   Apakah kamu selalu berupaya untuk mengetahui lebih meluas dari apa yang sudah kamu pelajari?



4.     Percaya Diri

·   Apakah kamu memiliki keyakinan akan kemampuan diri sendiri dalam melaksanakan tugas?
·   Apakah kamu memiliki keberanian berhadapan dengan orang lain dalam memecahkan suatu masalah?







KETERAMPILAN SOSIAL
1.    Menghargai Orang Lain

·   Apakah kamu mau mengakui pendapat teman lain yang pendapatnya memang bagus?
·   Apakah kamu selalu menghor-mati pendapat temanmu meski-pun pendapatnya itu kurag baik?



2.    Santun
·   Apakah kamu memperlakukan teman secara baik?
·   Apakah kamu selalu menggunakan tutur kata yan sopan dan tidak menyinggung perasaan teman?




PENUTUP
Penanaman pendidikan karakter pada peserta didik dapat dilakukan  dengan beragam cara. Penanaman nilai-nilai pendidikan karakter ini, salah satunya diintegrasikan dalam setiap pokok bahasan dari setiap mata pelajaran, yang antara lain dicantumkan dalam perencanaan pembelajaran  yang berupa silabus dan RPP.
Untuk menghasilkan silabus berkarakter, setidak-tidaknya perlu dilakukan perubahan pada tiga komponen silabus berikut:
1) Penambahan dan/atau modifikasi indikator pencapaian sehingga ada indikator yang terkait dengan pencapaian peserta didik dalam hal karakter.
2) Penambahan dan/atau modifikasi kegiatan pembelajaran sehingga ada kegiatan pembelajaran yang mengembangkan karakter.
3) Penambahan dan/atau modifikasi teknik penilaian sehingga ada teknik penilaian yang dapat mengembangkan dan/atau mengukur perkembangan karakter.
Seperti adaptasi terhadap silabus, adaptasi terhadap RPP antara lain meliputi hal-hal berikut.
1)  Modifikasi tujuan pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran juga terkait dengan pencapaian peserta didik dalam hal karakter.
2)  Penambahan dan/atau modifikasi langkah-langkah pembelajaran sehingga ada langkah-langkah pembelajaran yang mengembangkan karakter.
3)  Penambahan dan/atau modifikasi teknik dan instrumen penilaian sehingga ada teknik dan instrument penilaian yang dapat mengembangkan dan/atau mengukur perkembangan karakter.

DAFTAR PUSTAKA
Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama. 2011. Panduan Pendidikan Karakter di Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Kemdiknas, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama.
Tim Pendidikan Karakter. 2010. Desain Induk Pendidikan Karakter 2010—2025. Jakarta: Kemdiknas
Nucci, Larry P. & Narvaez, D. 2008. Handbook of Moral and Character Education. New York: Routledge.
Pusat Kurikulum. 2010. Pengembangan Pendidikan dan Karakter Bangsa. Jakarta: Kemdiknas, Badan Penelitian dan Pengembangan, Puskur.
Tim Pendidikan Karakter. 2010. Grand Desain Pendidikan Karakter. Jakarta: Kemdiknas.

0 comments:

Post a Comment