Saturday, December 24, 2011

Rambu-Rambu Pembelajaran Menulis


Rambu-Rambu Pembelajaran Menulis

1.    Belajar bahasa  pada hakikatnya adalah belajar berkomunikasi. Olehnya, pembelajaran menulis diarahkan pada kemampuan berkomunikasi secara tertulis.

2.    Pelaksanaan pembelajaran  menulis  sebaiknya disajikan secara terpadu, terhadap aspek pembelajaran lain. Namun, dalam hal tertentu dapat difokuskan ada komponen tertentu (Menulis sebagai fokus maupun sebagai tambahan)

3.    Pembelajaran menulis harus mengakomodasi semua aspek  bahasa mulai terkecil hingga terbesar termasuk ejaan (tata tulis)

4.    Pembelajaran menulis harus diajarkan dengan prisip mudah ke sukar, sederhana ke rumit,   lingkungan yang sempit ke lingkungan yang luas. 

5.    Pembelajaran menulis diarahkan pada upaya mempertajam kepekaan perasan siswa termasuk dalam konteks analitik yang mendalam  sehingga diharapkan dua hal yaitu berpikir dan bernalar.

6.    Perbandingan bobot  pembelajaran menulis dengan aspek pembelajaran lainnya harus seimbang.

7.    Kegiatan pembelajaran menulis harus menekankan pada kemampuan berbahasa yang dalam  pembelajaran mengacu pada konteks atau tema.

8.    Butir pembelajaran  menulis dalam kurikulum merupakan bahan yang disarankan untuk  diajarkan, namun dapat dikembangkan sesuai dengan situasi.

9.    Waktu yang disediakan dalam setiap pembelajaran menulis harus dapat diatur sesuai dengan keluasan dan kedalaman materi dengan menggunakan pendekatan komunikatif. Adapun metode dapat dipilih sesuai karakteristik pembelajaran yang diinginkan. Kegiatan pembelajaran dapat disetting di dalam maupun di luar kelas.

10. Sumber belajar  menulis dapat berupa (1) buku pelajaran yang diwajibkan, buku pelajaran yang sesuai, buku pelengkap, ensiklopedi, kamus, (2) media cetak,: suratkabar, majalah, (3) media elektronik:radio TV, video, (4) lingkungan :alam, soasial budaya, (5) narasumber, (6) pengalaman dan minat anak, serta  (7) hasil kerja anak.

11. Pembelajaran menulis ditekankan pada latihan secara kontinyu, sehingga anak terampil.

12. Penialain pembelajaran menulis tetap harus mengacu pada rambu-rambu umum yang memperhatikan berbagai aspel sesuai  jenis kegiatan menulis.  

0 comments:

Post a Comment