Friday, December 23, 2011

Psikologi Menurut Arthur S. Reber (1988)


Dalam dictionary of psychology (1972) pendidikan diartikan tahapan kegiatan yang bersifat kelembagaan yang digunakan untuk menyempurnakan perkembangan individu dalam menguasai pengetahuan, kebiasaan sikap dan sebagainya.

Pendidikan dapat berlangsung secara informal atau non formal disamping secara formal seperti di sekolah, madrasa dan institusi-institusi lainnya. Bahkan menurut definisi di atas, pendidikan juga dapat berlangsung Dengan cara diri sendiri (Self instruction).

Salah seorang ahli yang menganggap psikologi pendidikan sebagai sub disiplin psikologi terapan adalah Arthur S. Reber (1988) seseorang guru besar psikologi ada Brooklyn College, University of New City, University of British Columbia Canada, dan juga pada university of insbruck Austria. Dalam pandanganya, psikologi pendidikan adalah sebuah subdisiplin ilmu psikologi yang berkaitan dengan teori dan masalah kependidikan yang berguna dalam hal-hal berikut ini :
a
1.        Penerapan prinsip-prinsip belajar dalam kelas
2.        Pengembangan dan pembaharuan kurikulum
3.        Ujian dan evaluasi bakat dan kemampuan
4.        Sosialisasi proses-proses dan interaksi proses tersebut dengan pendayagunaan ranah kognitif.
5.        Peyelenggaraan pendidikan keguruan.

0 comments:

Post a Comment