Saturday, December 17, 2011

PEBEDAAN PSIKOLINGUISTIK DENGAN SOSIOLINGUISTIK


Kembali ke pembahasan awal saya mengenai Psikologi, kali ini fokus agak melebar sedikit dimana pada postingan kali ini, yang akan menjadi topik pembicaraan adalah antara dua cabang ilmu yang merupakan gabungan dari ilmu bahasa dengan ilmu lainnya. Yang pertama adalah gabungan antara Ilmu Psikologi dan ilmu Bahasa atau Linguistik yang melahirkan cabang ilmu baru yang disebut dengan Psikolinguistik. Yang ke dua adalah gabungan antara ilmu Sosial dan Ilmu Bahasa atau Linguistik yang menghasilkan cabang ilmu baru yaitu Sosiolinguistik. Namun kali ini saya hanya akan berbicara mengenai Perbedaan Psikolinguistik dan Sosiolinguistik serta Pengertian dari ke dua cabang ilmu tersebut.




Baiklah, kita langsung saja yang pertama yaitu Psikolinguistik. Psikolinguistikberkaitan erat dengan ilmu jiwa (psikologi) terutama peristiwa-peristiwa kejiwaan yang berhubungan dengan tahap-tahap kemampuan bahasa anak dalam masa pertumbuhannya. Fokus kajiannya hanya pada anak itu sendiri. Sosiolinguistikadalah cabang ilmu linguistik yang bersifat interdisipliner dengan ilmu sosiologi dengan objek penelitian hubungan antara bahasa dan faktor-faktor sosial dalam suatu masyarakat tutur.



Jadi perbedaannyaterletak pada objek kajiannya, psikolinguistik lebih menekankan hanya pada individu itu saja dalam pemerolehan bahasa. Sedangkan sosiolinguistik lebih menekankan pada penggunaan bahasa individu dalam masyarakat.

0 comments:

Post a Comment