Friday, December 9, 2011

FASE PERKEMBANGAN TEORI LINGUISTIK MENURUT NOAM CHOMSKY

Dalam banyak diskusi di log ini, banyak membahas tentang bahasa dan linguistik itu sendiri. Nah kali ini sobat Jufry semua, saya mau membagikan sedikit pengetahuan saya mengenai Fase-Fase Perkembangan Toeri Linguitik menurut Chomsky. Fase-fase dalam perkembangan teori linguistik adalah:   
  1.  Fase generatif transformasi klasik yang bertumpu pada buku syntactic structure (1957 – 1964). 
  2. Teori standar yang bertumpu pada buku Aspect of the Theory of Syntac (1965 – 1966).
  3. Fase teori standar yang diperluas antara tahun (1967–1972).
  4. Fase sesudah teori standar yang diperluas antara 1973 sampai kini, seperti teori penguasaan dan ikatan (government and binding theory) yang berkembang sejak tahun 80-an.
 
  • Adanya fase-fase ini adalah karena adanya kritik, reaksi, dan saran dari berbagai pihak, dan lebih untuk penyempurnaan teori itu.
  1. Menurut Chomsky yang harus ada agar kita dapat menyusun tata bahasa dari suatu bahasa yang masih hidup (masih digunakan dan ada penuturnya) yaitu haruslah ada suatu teori umum mengenai apa yang dibentuk tata bahasa itu. 
  2. Seorang penutur suatu bahasa dapat menghasilkan kalimat-kalimat baru yang jumlahnya untuk terbatas, dan kalimat-kalimat baru itu tidak mungkin dapat diperoleh dengan teori S – R (Stimulus – Respons) kaum behaviorisme karena kita tidak mungkin pernah mendengar kalimat-kalimat baru yang jumlahnya tidak terbatas.
  3. Chomsky membedakan kompetensi dan performansi, yaitu : kompetensi adalah pengetahuan penutur–pendengar mengenai bahasanya. Sedangkan performansi adalah pelaksanaan berbahasa dalam bentuk menerbitkan kalimat-kalimat dalam keadaan yang nyata.

0 comments:

Post a Comment