Tuesday, December 27, 2011

CONTOH RPP BERKARAKTER BAHASA INDONESIA SMP


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah         : ................................................
Mata Pelajaran      : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester       : VII/2
Alokasi Waktu        : 4 × 40 menit (2 kali pertemuan)
Standar Kompetensi : 12.  Mengungkapkan berbagai informasi dalam bentuk narasi dan
pesan singkat
Kompetensi Dasar : 12.1. Mengubah teks wawancara menjadi narasi dengan memerhatikan
cara penulisan kalimat langsung dan tak langsung

I. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti pembelajaran ini, Peserta didik mampu
• memahami isi teks wawancara;
• mengubah teks wawancara menjadi teks narasi dengan memerhatikan penulisan kalimat langsung dan tidak langsung.

v  Karakter siswa yang diharapkan :          Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Kreatif
II. Materi Ajar
Teks wawancara

III. Metode Pembelajaran
- Contoh - Tanya jawab
- Dialog - Latihan

IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan Pertama dan Kedua :
A. Kegiatan Awal
Apersepsi :
• Memberikan pengantar awal materi.
Motivasi :
• Memahami isi teks wawancara
B. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik  memahami isi teks wawancara;
F  mengubah teks wawancara menjadi teks narasi dengan memerhatikan penulisan kalimat langsung dan tidak langsung

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.    
F  Membaca dialog tentang teks percakapan
F  Membandingkan hasil ubahan teks wawancara menjadi teks narasi

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

C. Kegiatan Akhir
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
F  menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
F  Menyimpulkan materi teks langkah-langkah mengubah teks wawancara menjadi narasi
F  Mengubah teks wawancara menjadi teks narasi

V. Sumber/Alat/Bahan
Teks wawancara
Alat wawancara
    Buku Penunjang Pelajaran Bahasa Indonesia

VI. Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen
·    Mampu mengubah kalimat langsung dalam wawancara menjadi kalimat tidak langsung
·    Mampu mengubah teks wawancara menjadi narasi

Penugasan individual/kelompok



Pekerjaan rumah (PR)




§ Ubahlah kalimat langsung di dalam teks wawancara menjadi kalimat tidak langsung!
§ Narasikan  teks wawancara!



Bentuk tes: lisan
No
Aspek Penilaian
Bobot
Nilai
1
Membacakan teks wawancara dengan lafal dan intonasi
a. Tepat (3)
b. Kurang tepat (2)
c. Tidak tepat (1)

5

2
Membedakan kalimat langsung dan kalimat tidak langsung
a. Tepat (3)
b. Kurang tepat (2)
c. Tidak tepat (1)
5

3
Mengubah teks wawancara menjadi kalimat tidak langsung
a. Benar (3)
b. Kurang benar (2)
c. Tidak benar (1)
5


Keterangan
Skor maksimum 3 (3 × 5) = 45

Nilai akhir :     Skor yang diperoleh      
                          X   100   
                                    Skor maksimal


Mengetahui,
Kepala ...............……………



(__________________________)
NIP / NIK : ..........................

…..,…………………  20 …….
Guru Mapel BHS Indonesia.



(_______________________)
NIP / NIK : ..........................

0 comments:

Post a Comment