Wednesday, November 2, 2011

UU nomor 20/2003 TENTANG SISDIKNAS

  • Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, penegndalian diri, kepribadian, kecerdasan, ahlak mulia serta keterampilan yang siperlukan dirinya, masyarakat, bangsa, dan negara.
  • Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan berbangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang maha Esa, berahlak mulia,sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggungjawab.
  • UUD 1945 pasal 31(1): menyatakan bahwa setiap warga negara berhak mendapatkan pendidikan dan pasal 31 ayat 3 menegaskan bahwa pemerintah mengusahakan dan menyelenggarakan satu sistem pendidikan nasional yang meningkatkan keimanan dan ketaqwaan serta ahlak mulia dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa.
Saya membuat postingan ini atas permintaan sahabat saya yang sedang menjalankan tugasnya sebagai seorang guru. This is a must read first before becoming a teacher there fore you are all in the first step to be a teacher and educater.

0 comments:

Post a Comment