Wednesday, November 2, 2011

METODE INVESTIGASI KELOMPOK or GROUP INVESTIGATION

Dalam postingan sebelumnya tentang Model Pembelajaran Kooperatif atau Cooperative learning saya sudah pernah singgung mengenai beberapa model yang digunakan dalam model pembelajaran ini seperti STAD, Jigsaw, dan GI atau Group Investigation. Kali ini kita melangkah yang ke tiga, yaitu GI.

dalam Metode Pembelajaran Investigasi Kelompok atau Group Investigation (GI), siswa sudah dilibatkan sejak dari awal perencanaan, baik dalam menentukan topik maupun cara untuk mempelajarinya melalui jalur investigasi. Metode GI menuntut para siswa untuk memiliki kemampuan yang baik dalam berkomunikasi dan dalam keterampilan di dalam kelompok atau biasa disebut Group Process Skills. 

Dalam metode ini Siswa dikelompokkan dalam beberapa kelompok yang terdiri dari 4 sampai 5 siswa dengan sifat dan karakter yang berbeda-beda tiap kelompok. Para siswa kemudian memilih topik yang akan dipelajari, mengikuti investigasi mendalam terhadap berbagai subtopik yang telah dipilih, kemudian menyiapkan dan menyajikan suatu laporan secara keseluruhan.

Deskripsi langkah-langkah metode investigasi kelompok dapat dilakukan sebagai berikut:
  1. Seleksi Topik: dalam tahap pertama ini, guru menjelaskan masalah-masalah secara umum yang kemudian dipilih oleh siswa. Setelah itu siswa dikelompokkan secara heterogen berdasarkan tugasyang beranggotakan dua hingga enam orang.
  2. Merencanakan Kerjasama: Pada tahap yang kedua para siswa dan guru merencanakan berbagai prosedur belajar khusus, tugas dan tujuan umum yang konsisten dengan berbagai topik dan subtopik yang telah dipilih.
  3. Implementasi: Pada tahap yang ketiga ini, siswa melaksanakan rencana yang telah dirumuskan pada tahap kedua diatas. Pembelajaran harus melibatkan berbagai aktivitas dan keterampilan dengan variasi yang luas dan mendorong pada siswa untuk menggunakan berbagai referensi. Guru secara terus menerus harus mengikuti perkembangan dan kemajuan tiap kelompok dan memberikan bantuan hanya jika diperlukan.
  4. Analisis dan Sintesis: Pada tahap keempat ini siswa menganalisis dan mensintesis berbagai infformasi yang diperoleh pada langkah ketiga dan merencanakan agar dapat disimpulkan dan diringkas dalam suatu penyajian yang menarik dalam bentuk laporan baik secara presentasi kelas maupun tugas paper.
  5. Penyajian Hasil Akhir: Pada tahap ini, smua kelompok menyajikan suatu presntasi yang menarik dari berbagai topik yang telah dipelajari agar semua siswa dapat saling terlibat dan mencapai suatu perspektif yang luas mengenai topik tersebut.
  6. Evaluasi: pada tahap akhir ini, guru beserta siswa melakukan evaluasi dalam setiap kelompok terhadap pekerjaan kelas sebagai suatu keseluruhan. Evaluasi dapat dilakukan baik secara individu, artinya siswa mengemukakan evaluasi menurut perspektifnya sendiri, amupun secara kelompok, yaitu satu atau beberapa siswa mengevaluasi hasil kerja kelompok mereka.
Demikianlah materi Metode Investigasi Kelompok ini  saya share. Semua isi dalam postingan kali ini saya rangkum dari buku LAngkah Cerdas Menjadi Guru Sejati Berprestasi karangan Gustav asyirint. Thanks ya ...

0 comments:

Post a Comment