Wednesday, November 2, 2011

FILOSOFI PENDIDIKAN EKSISTENSALISME DAN ESENSIALISME

Hai sahabat Jufry semua, kali ini saya ingin membagikan tentang Filosofi Pendidikan. Dalam dunia pendidikan dikenal ada dua Filosofi Pendidikan yaitu Filosofi Eksistensialisme dan Filosofi Esensialisme

Filosofi Eksistensalisme adalah filosofi yang berkeyakinan bahwa pendidikan harus menyuburkan dan mengembangkan eksistensi peserta didik seoptimal mungkin melalui fasilitas yang dilaksanakan melalui proses pendidikan yang bermartabat, Pro akan perubahan (kreatif, inovatif dan eksperimenetif), menumbuhkan dan mengembangkan bakat, minat dan kemampuan peserta didik. Dari kata Eksistensalisme, dapat kita simpulkan bahwa filosofi ini didasarkan pada eksistensi peserta didik, semakin tinggi eksistrensi siswa dalam proses belajar mengajar maka siswa dianggap mampu mencapai target pendidikan yang direncanakan.

Filosofi Esensialisme adalah filosofi yang menekankan bahwa pendidikan harus berfungsi dan relevan dengan kebutuhan, baik kebutuhan individu, keluarga, maupun kebutuhan berbagai sektor baik sektor lokal nasional maupun internasional. Hal ini sebagai pertanda bahwa pendidikan di Indonesia harus mampu bersaing secara Internasional. 

0 comments:

Post a Comment