Wednesday, November 30, 2011

CARA PENGUMPULAN DATA PENELITIAN

Dalam penelitian, tentu saja kita harus mengumpulkan data untuk diteliti dan disajikan menjadi data-data yang valid yang bisa meyakinkan akan kebenaran penelitian kita. Berikut ini ada beberapa cara dalam mengumpulkan data.

  1. Test: test ditentukan dengan variable yang kita teliti. Tentu saja alat untuk menganbil data sesuai misalnya untuk mengukur berat kita menggunakan timbangan, untuk mengukur panjang atao tinggi kita menggunakan meteran dan untuk mengukur tingkat keberhasilan belajar siswa kita mengambil hasil nilai ujian atau ulangan mereka.
  2. Wawancara atau interview. Dalam mengumpulkan data dengan cara wawancara, alat dan bahan harus disiapkan terlebih dahulu misalnya berupa jenis-jenis pertanyaan yang akan ditanyakan dan format pertanyaan apa yang akan digunakan. Salah satu format yang biasa digunakan adalal open ended questions. Sebuah pertanyaan diajukan dan dari jawaban pertanyaan tersebut lahir pertanyaan-pertanyaan baru.
  3. Angket atau Questionnaire. Kalau wawancara menggunakan pertanyaan, maka angket berupa pernyataan. Hanya berupa pernyataan ya dan tidak.
  4. Pengamatan atao Observasi. Dalam pengamatan atau observasi, tentu saja diperlukan catatan lapangan atau Field - Note. Isinya berupa aspek-aspek yang mau diamati.

0 comments:

Post a Comment