Wednesday, November 16, 2011

BAHASA BERSIFAT ARBITRARY | SIFAT-SIFAT BAHASA

Sahabat Jufry semua, sebelum saya membahas mengenai Bahasa Bersifat Arbitrary, saya ingin mengingatkan sobat Jufry semua bahwa sebelumnya saya udah memposting beberapa artikel terkait dengan bahasan kita kali ini, yaitu Bahasa adalah Sistem dan juga Bahasa adalah Vocal Symbol. Saya menyarakan sebelum sobat semua meneruskan membaca artikel ini, alangkah baiknya untuk membaca kedua artikel diatas karena sangat berkaitan erat. 

Baiklah, saya anggap sobat semua udah membaca mengenai Bahasa adalah Sistem dan juga Bahasa adalah Vocal Symbol. Sekarang kita akan membahas lebih dalam mengenai Bahasa yang Bersifat Arbitrary. Apa sih yang dimaksud dengan Arbitrary? Arbitrary jika kita menerjemahkannya (bukan mengartikan yahhh) kedalam bahasa Indonesia menjadi semena-mena, suka-suka. Loh apa maksudnya? Maksudnya adalah bahwa Bahasa itu bersifat semena-mena, suka-suka, sewenang-wenang, karena pemberian nama-nama terhadap sesuatu barang tertentu tidak memiliki aturan yang mengikat, hanya muncul secara suka-suka atau Arbitrary. Contohnya, untuk menamai suatu benda yang empuk yang digunakan manusia sebagai tempat duduk, bersandar dan bersantai. Kemudian diberi lambang bunyi /sofa/ bukan /tiran/, atau /jono/. Namun karena si penyebut pertama dengan santainya mengatakan atau memberi nama atau menyebut benda yang empuk itu dengan sofa secara suka-suka dia, maka jadilah benda yang empuk itu memiliki nama yang kemudian kita sebut juga /sofa/.

Mudah-mudahan ini dapat membantu memberikan penjelasan buat sobat semua mengenai Bahasa yang bersifat Arbitrary. Thanks udah berkunjung ....

0 comments:

Post a Comment