Wednesday, November 16, 2011

BAHASA ADALAH VOCAL SYMBOL | SIFAT-SIFAT BAHASA

Sebelumnya saya sudah memposting mengenai Bahasa adalah system, kali ini saya ingin melanjutkan dengan memposting mengenai Bahasa adalah Vocal Symbol. Apa yang dimaksud dengan Bahasa adalah Vocal Symbol?

Tidak ada bahasa jika tidak ada udara, karena udara yang kita hembuskan atau keluarkan dan kemudian diberikan hambatan atau perlakuan tertentu terhadapa angin yang dihembuskan itu akan menghasilkan bunyi yang berbeda dan bermakna. Coba kalian mencoba untuk berbicara tapi tanpa menghembuskan udara? pasti kalian tidak akan bisa tanpa adanya udara yang dihembuskan. Udara tadi yang kita hembuskan dan kemudian diberi perlakuan khusus atau hambatan tertentu yang menghasilkan makna itulah yang disebut dengan bahasa, merupakan Vokal yang kita hasilkan dengan udara yang diberi hambatan tertentu.

Sedangkan Symbol adalah sesuatu yang merujuk bukan pada dirinya sendiri tetapi pada yang lain. Bunyi yang kita hasilkan setelah memberikan hambatan atau perlakuan khusus pada udara yang kita hembuskan berbeda berdasarkan jenis hambatan yang diberikan. Supaya mudah maka diberi lambang untuk bunyi tertentu dengan hambatan tertentu. Lambang ini kemudian yang disebut dengan symbol.

Dan jika lambang atau symbol tidak merujuk pada dirinya sendiri melainkan pada yang lain, dan jika bahasa adalah sistem symbol maka bahasa juga tidak merujuk pada dirinya sendiri melainkan pada sesuatu yang lain. Sehingga kemudian dapat disimpulkan bahwa Bahasa adalah bunyi yang dihasilkan oleh alat tutur manusia dengan cara memberikan perlakuan khusus pada udara yang kita hembuskan yang mengandung makna, tidak merujuk pada dirinya sendiri melainkan pada yang lain.

Semoga artikel ini bermanfaat, Amin.

0 comments:

Post a Comment