Wednesday, November 16, 2011

BAHASA ADALAH SISTEM | SIFAT-SIFAT BAHASA

Ketika mengambil mata kuliah Semantik, saya ditanyai oleh profesor saya "kamu sudah dengar salah satu sifat bahasa, yaitu bahasa adalah sistem. Menurut kamu apa sih yang dimaksud dengan Bahasa adalah Sistem?" Waduh, ditanya seperti itu langsung membuat jantung saya berdegup kencang, ditambah semua tatapan mata dalam ruang yang berkapasitas 40 orang menuju ke saya. Untungnya saya udah pernah membaca mengenainya sedikit, walaupun waktu itu materinya masih berbahasa Inggris akan tetapi saya mencoba untuk memahaminya.

Baiklah, Bahasa adalah sistem. Apa maksudnya? maksudnya adalah bahwa bahasa terbentuk dari komponen-komponen atau unsur-unsur yang saling berhubungan secara fungsional. Komponen-komponen Bahasa itu dimulai dari yang terkecil yaitu Phoneme, Syllable, Morpheme, Word, Phrase, Clause, Sentence, Paragraph dan Context. Komponen-komponen tersebut haruslah tersusun secara teratur dan berpola yang membentuk satu kesatuan yang utuh dan memiliki makna atau dapat disebut bermakna.

Mungkin itu saja yang bisa saya sharingkan mengenai bahasa adalah sistem. Kalau ada sanggahan atau pertanyaan silahkan alamatkan saja pada saya melalui kotak komentar di bawah ini.

0 comments:

Post a Comment