Monday, October 10, 2011

TINDAK TUTUR DAN JENIS-JENISNYA | REPRESENTATIF, DIREKTIF, EKSPRESIF, KOMISIF DAN DEKLARATIF


TINDAK TUTUR DAN JENIS-JENISNYA|  REPRESENTATIF, DIREKTIF, EKSPRESIF, KOMISIF DAN DEKLARATIF - Pada postingan sebelumnya sudah saya bagikan tentang apa yang dimaksud dengan tindaktutur menurut para ahlinya (bukan pendapat saya loh… itu yang ahli punya so… gak usah ragu), dan juga beberapa jenis tindak tutur berdasarkan Austin 1962) dalam How to do Things with Words. Nah… sekarang saya ingin membagikan jenis tindak tutur tutur yang dikembangkan oleh Searle (1975). Searle (1975) mengembangkan teori Tindak Tutur dan membaginya menjadi lima jenis Tindak Tutur  (dalam Ibrahim, 1993: 11-54). Kelima Tindak Tutur itu sebagai berikut:


1.     TindakTuturrepresentatifyaitu Tindak Tuturyang mengikat P-nya kepada kebenaran atas apa yang dikatakannya, misalnya menyatakan, melaporkan, menunjukkan, dan menyebutkan.


2.            Tindak Tuturdirektifyaitu Tindak Tutur yang dilakukan P-nya dengan maksud agar si pendengar atau MT melakukan tindakan yang disebutkan di dalam ujaran itu, misalnya menyuruh, memohon, menuntut, menyarankan, dan menantang.


3.       Tindak Tuturekspresifialah Tindak Tutur yang dilakukan dengan maksud agar ujarannya diartikan sebagai evaluasi mengenai hal yang disebutkan di dalam ujaran itu, misalnya memuji, mengucapkan terima kasih, mengritik, dan mengeluh.


4.         TindakTuturkomisifadalah Tindak Tuturyang mengikat P-nya untuk melaksanakan apa yang disebutkan di dalam ujarannya, misalnya berjanji dan bersumpah.


5.         Tindak Tuturdeklaratifmerupakan Tindak Tutur yang dilakukan P dengan maksud untuk menciptakan hal (status, keadaan, dan sebagainya) yang baru, misalnya memutuskan, membatalkan, melarang, mengizinkan, dan memberi maaf.

1 comment: