Wednesday, October 5, 2011

Snyggs dan Combs (1949) | Ahli Psikologi Belajar Humanistik


Snyggs dan Combs (1949) - Sobat n sahabat Jufry, kali ini Jufry mau share mengenai salah satu Ahli Psikologi Belajar Humanistik, namanya mungkin sudah tidak asing lagi buat sahabat pembelajar semua, mereka adalah Snyggs dan Combs. Langsung aja yah ...

Snyggs dan Combs dari kelompok fenomenologi yang mengkaji tentang persepsi. Dia percaya bahwa seseorang akan berperilaku sejalan dengan apa yang dipersepsinya. Menurutnya, bahwa realitas bukanlah sesuatu yang yang melekat dari kejadian itu sendiri, melainkan dari persepsinya terhadap suatu kejadian.

Arthur Combs (1912-1999) dan Donald Snygg (1904-1967) dan Teorinya

Teori Humanistik yaitu meaning (makna atau arti) yang merupakan konsep dasar yang sering digunakan dalam proses belajar. Belajar terjadi bila mempunyai arti bagi individu. Guru tidak bisa memaksakan materi yang tidak disukai atau tidak relevan dengan kehidupan mereka. Untuk itu guru harus memahami perilaku siswa dengan mencoba memahami dunia persepsi siswa tersebut sehingga apabila ingin merubah perilakunya, guru harus berusaha merubah keyakinan atau pandangan siswa yang ada. Combs memberikan lukisan persepsi diri dan dunia seseorang seperti dua lingkaran (besar dan kecil) yang bertitik pusat pada satu. Lingkaran kecil adalah gambaran dari persepsi diri dan lingkungan besar adalah persepsi dunia. Makin jauh peristiwa-peristiwa itu dari persepsi diri makin berkurang pengaruhnya terhadap perilakunya. Jadi, hal-hal yang mempunyai sedikit hubungan dengan diri, makin mudah hal itu terlupakan.

0 comments:

Post a Comment