Saturday, October 8, 2011

PROSES KOMUNIKASI SECARA SEKUNDER

PROSES KOMUNIKASI SECARA SEKUNDER - Dear readers, dalam pembahasan kita sebelumnya kita sudah mengenal apa yang dimaksud dengan komunikasi dan juga proses komunikasi secara psikologis dan mekanistis. Nah kalo iini kita akan melangkah sedikit lebih jauh dengan membahas tentang PROSES KOMUNIKASI SECARA SEKUNDER. 

Apa yang dimaksud dengan PROSES KOMUNIKASI SECARA SEKUNDER? Proses komunikasi secara sekunder adalah proses penyampaian pesan oleh komunikator kepada komunikan. Dengan menggunakan alat atau sarana sebagai media kedua setelah memakai lambang sebagai media pertama. 

Disini, Komunikator menggunakan media kedua ini karena komunikan yang dijadikan sasaran komunikasinya jauh tempatnya atau banyak jumlahnya atau kedua-duanya, jauh dan banyak. Kalau komunikan jauh, diperguna-kanlah surat atau telepon; jika banyak dipakailah perangkat pengeras suara; apabila jauh dan banyak, dipergunakan surat kabar, radio atau televisi. 

Komunikasi dalam proses secara sekunder ini semakin lama semakin efektif dan efisien karena didukung oleh teknologi komunikasi yang semakin canggih, yang ditopang pula oleh teknologi-teknologi lainnya yang bukan teknologi komunikasi. Surat, misalnya sebagai media komunikasi sekunder yang pada mulanya terbatas sekali jangkauan sasarannya, dengan dukungan pesawat terbang jet, dapat mencapai komunikan di mana saja di seluruh dunia. Demikian pula media telepon, jika pada waktu ditemukan menggunakan kawat yang oleh sebab itu terbatas sekali wilayah jangkauannya, kini dengan radio telepon dapat mencapai, sasaran di kota lain, negara lain, dan benua lain. Televisi siaran dewasa ini yang dipadu dengan komputer menjadi semakin mempesona, baik dalam segi visualnya maupun audialnya, selain jangkauannya semakin jauh dan luas berkat inovasi satelit komunikasi dan antena parabola.  

Demikianlah yang dapat kami bagikan tentang  Proses komunikasi secara sekunder, semoga artikel ini bermanfaat untuk anda sekalian. GBU

0 comments:

Post a Comment