Saturday, October 8, 2011

PROSES KOMUNIKASI SECARA LINEAR

PROSES KOMUNIKASI SECARA LINEAR : Dear readers, setelah sebelumnya kita mengenal beberapa jenis proses komunikasi, sekarang kita tiba pada proses komunikasi secara linear. Lalu, apa yang dimaksud dengan linear itu sendiri?
 
Nah, istilah linear sendiri mengandung makna lurus. Jadi proses linier berarti perjalanan dari satu titik ke titik lain secara lurus. Dalam konteks komunikasi proses secara linear adalah proses penyampaian pesan oleh komunikator kepada komunikan sebagai titik terminal. 
 
Komunikasi linear ini berlangsung baik dalam situasi komunikasi latap muka (face-to-face communication) maupun dalam situasi komuni­kasi bermedia (mediated communication). Komunikasi tatap muka, baik komunikasi antarpribadi (interpersonal communication) maupun komunikasi kelompok (group communication) meskipun memungkinkan terjadinya dialog, tetapi adakalanya ber­langsung linear. Contoh untuk ini, seorang ayah yang sedang memberikan nasihat kepada anaknya pada waktu mana si anak diam seribu bahasa, atau direktur perusahaan yang sedang memarahi anak buahnya, atau jaksa sedang membacakan tuduhan terhadap terdakwa di gedung pengadilan. 
 
Proses komunikasi secara linear umumnya berlangsung pada komu­nikasi bermedia, kecuali komunikasi melalui media telepon. Komunikasi melalui telepon hampir tidak pernah berlangsung linear, melainkan dialogis, tanya jawab dalam bentuk percakapan. Oleh karena komunikasi bermedia, khususnya media massa, yakni surat kabar, radio siaran, televisi siaran, dan film teatrikal, bersifat linear, maka para komunikator media massa, seperti wartawan, penyiar radio, reporter televisi, dan sutradara film, menunjukkan perhatiannya yang sangat besar terhadap masalah ini. Dengan perencanaan komunikasi (communication planning) yang saksama mereka berupaya agar pesan-pesan komunikasinya oleh khalayak sebagai komunikannya diterima secara inderawi (received) dan diterima secara rohani (accepted) dalam sekali penyiaran. Hal ini disebabkan para komunikator tidak mengetahui tanggapan komunikan terhadap pesan-pesan komunikasi yang diterimanya itu.

Well, demikianlah artikel kami tentang Proses Komunikasi Secara Linear, semoga artikel kami ini dapat bermanfaat untuk anda.

1 comment: