Sunday, October 9, 2011

MASALAH POKOK BAHASAN PSIKOLINGUISTIK

MASALAH POKOK BAHASAN PSIKOLINGUISTIK : Dear readers, kembali lagi kita membahas tentang bidang psikolinguistik. sebagai pengantar bahwa Psikolinguistik adalah salah satu bidang kajian yang merupakan perpaduan antara Psikologi dan Linguistik.
Psikologi sendiri adalah ilmu yang mempelajari tentang jiwa sedangkan linguistik adalah ilmu yang mempelajari bahasa. 
Dan dari dua pengertian di atas dapat disimpulkan bahwa ilmu psikolinguistik adalah ilmu yang mempelajari tentang perkembangan bahasa yang dipengaruhi oleh psikologi atau jiwa seseorang. Atau dapat juga didefinisikan bahwa psikolinguistik adalah ilmu yang mempelajari hubungan perkembangan bahasa seseorang dengan perkembangan jiwa atau psikologinya.
Selanjutnya kita membahas tentang  masalah-masalah yang menjadi pokok bahasan psikolinguistik. Masalah-masalah yang menjadi pokok bahasan psikolinguistik adalah :
  1. Apakah sumbernya bahasa itu? Apakah yang dimiliki oleh seseorang sehingga dia mampu berbahasa? Bahasa itu terdiri dari komponen-kompenen apa saja?
  2. Bagaimana bahasa itu lahir dan mengapa dia harus lahir? dimanakah bahasa itu berada dan disimpan?
  3. Bagaimana bahasa pertama (bahasa ibu) diperoleh seorang anak-anak? bagaimana perkembangan penguasaan bahasa itu? bagaimana bahasa kedua itu dipelajari? Bagaimanakah seseorang bisa menguasai dua, tiga atau banyak bahasa?
  4. Bagaimana proses penyusunan kalimat? Proses apakah yang terjadi didalam obik waktu berbahasa?
  5. Bagaimanakah bahasa itu tumbuh dan mati ? bagaimana proses terjadinya dialek? Bagaimana proses perubahan-perubahanya dialek tersebut menjadi bahasa baru?
  6. Bagaimanakah hubungan bahasa dengan pemikiran? Bagaimanakah pengarus kedwibahasaan/kemultibahasaan dengan pemikiran dan kecerdasan seseorang?
  7. Mengapa seseorang menderita penyakit/mendapat gangguan berbicara (seperti afasia), dan bagaimana cara menyembuhkannya?
  8. Bagaimana bahasa itu harus diajarkan supaya hasilnya baik?

Pokok bahasan yang sangat berkaitan dengan pembelajaran bahasa adalah bahasa merupakan satu rangkaian kesatuan yang tidak dapat dipisahkan dari hidup manusia. Dalam arti bahasa merupakan alat komunikasi didalam berinteraksi manusia dengan manusia secara harfiah.

0 comments:

Post a Comment