Thursday, October 13, 2011

CIRI TANDA LINGUISTIK DE SAUSSURE | LINGUISTIC SIGN THEORY BY FERDINAND DE SAUSSURE

Sahabat Jufry, kembali lagi kita berbicara mengenai Linguistik dan lagi-lagi kita masih membahas mengenai Linguistic Sign Theory atau Teori Tanda Bahasa milik Ferdinand De Saussure. Kalau sebelumnya saya udah posting mengenai Ferdinand De Saussure dan bukunya yang membahas dan berfokus pada teorinya sendiri yaitu Linguistics Sign Theory atau teori tanda bahasa, kini kita lanjutkan dengan melihat ciri-ciri dari theory of Linguistic Sign itu sendiri.

Ciri-ciri dari Tanda Linguistik (Linguistics Sign Theory) menurut De Saussure adalah :

1.   Tanda linguistik bersifat arbitrer, maksudnya, hubungan antara satu petanda/konsep dengan satu penanda/imaji bersifat kebetulan.
2. Penanda (signifiant) dari suatu signe’ linguistique itu merupakan satu dimensi/merupakan satu garis satu perpanjangan.
3.   Signe’ linguistique mempunyai pergandaan yang tidak dapat dihitung. Dengan kata lain tanda linguistik jumlahnya tidak terbatas.

Metode yang sesuai untuk analisis linguistik menurut De Saussure adalah segmentasi dan klasifikasi. Dengan kedua metode ini seorang linguis akan menentukan pola-pola untuk mengklasifikasikan unit-unit yang dianalisis.

Nah, Sahabat Jufry semua, kalo masih ada yang ditanyakan mengenai linguistik disampaikan saja di kotak komentar, ntar saya kunjungi ato lampirkan emailnya biar saya kirimin artikelnya saja. Oke...

2 comments:

  1. waduh bahasanya berat :)

    chitika hanya untuk pengunjung dari amerika/kanada di luar negara itu iklannya tak punya nilai klik

    ReplyDelete
  2. Makasih Bang R10,... Aku sih cuman daftar chitika di blog ane yang bahasa inggris seh pasal stress di banned Google ...kan lumayan pengunjungnya dari amerika pasti ada tiap hari..

    ReplyDelete