Thursday, October 6, 2011

Carl Rogers | Ahli Psikologi Belajar Humanistik


Carl Rogers | Ahli Psikologi Belajar Humanistik - Psikologi humanistik atau disebut juga dengan nama psikologi kemanusiaan adalah suatu pendekatan yang multifaset terhadap pengalaman dan tingkah laku manusia, yang memusatkan perhatian pada keunikan dan aktualisasi diri manusia. Bagi sejumlah ahli psikologi humanistik ia adalah alternatif, sedangkan bagi sejumlah ahli psikologi humanistik yang lainnya merupakan pelengkap bagi penekanan tradisional behaviorisme dan psikoanalis (Misiak dan Sexton, 2005). 

Salah satu pakar Psikologi Humanistik yang terkenal adalah Carl Rogers. Ia berjasa besar dalam mengantarkan psikologi humanistik untuk dapat diaplikasian dalam pendidikan. Dia mengembangkan satu filosofi pendidikan yang menekankan pentingnya pembentukan pemaknaan personal selama berlangsungnya proses pembelajaran dengan melalui upaya menciptakan iklim emosional yang kondusif agar dapat membentuk pemaknaan personal tersebut. Dia memfokuskan pada hubungan emosional antara guru dengan siswa.

Demikianlah yang dapat kami bagikan tentang Calr Rogers, tak banyak sumber yang menyediakan tentang beliau, namun jika kami mendapatkan perkembangan tentang beliau, nantinya akan kami update.

0 comments:

Post a Comment