Wednesday, October 5, 2011

Aanstoos, Serlin & Greening | Ahli Psikologi Humanistik


Aanstoos, Serlin & Greening, 2000 - Sobat Jufry semua, kali ini kita akan melihat pandangan dan kajian teori Humanistik yang dikembangkan oleh Aanstoos, Serlin & Greening

Psikologi humanistik memiliki 5 (lima) dalil utama dari psikologi humanistik, yaitu: 

(1) keberadaan manusia tidak dapat direduksi ke dalam komponen-komponen;
(2) manusia memiliki keunikan tersendiri dalam berhubungan dengan manusia lainnya
(3) manusia memiliki kesadaran akan dirinya dalam mengadakan hubungan dengan orang lain
(4) manusia memiliki pilihan-pilihan dan dapat bertanggung jawab atas pilihan-pilihanya; dan (5) manusia memiliki kesadaran dan sengaja untuk mencari makna, nilai dan kreativitas. 

Teori-teori dalam psikologi humanistik dikembangkan lebih berdasarkan pada metode penelitian kualitatif yang menitik beratkan pada pengalaman hidup manusia secara nyata (Aanstoos, Serlin & Greening, 2000).

Selanjutnya, menurut psikologi humanistik usaha mengkaji tentang mental dan perilaku manusia secara ilmiah melalui metode kuantitatif merupakan suatu tindakan yang salah kaprah. hal ini menunjukkan kritikan psikologi humanistik terhadap semangat zaman pada masa itu yang sangat kental dengan budaya positivisme yang mendasarkan segala pengetahuan haruslah bersifat ilmiah dan dibuktikan dengan data kuantitatif.

Berkenaan dengan epistemiloginya, teori-teori Humanistik dikembangkan lebih berdasarkan pada metode penelitian kualitatif yang menitik-beratkan pada pengalaman hidup manusia secara nyata. Kalangan humanistik beranggapan bahwa usaha mengkaji tentang mental dan perilaku manusia secara ilmiah melalui metode kuantitatif sebagai sesuatu yang salah kaprah. Tentunya hal ini merupakan kritikan terhadap kalangan kognitivisme yang mengaplikasikan metode ilmiah pendekatan kuantitatif dalam usaha mempelajari tentang psikologi.

0 comments:

Post a Comment