Friday, July 1, 2011

TEORI-TEORI PSIKOLOGI BELAJAR - Behavioristik, Humanistis dan Kognitif

TEORI-TEORI PSIKOLOGI BELAJAR - Behavioristik, Humanistis dan Kognitif - Baiklah kawan-kawan seperjuangan, saatnya kita focus ke materi yang lebih spesifik yang sebenarnya lebih focus pada ilmu psikologi pendidikan. Namun hal ini semuanya perlu kita, sebagai seorang guru yang professional, ketahui tentang teori-teori psikologi belajar itu sendiri sehingga kita nantinya tidak salah didik dan diharapkan setelah membaca artikel yang sederhana ini, kita semua menjadi seorang guru yang terarah dan terampil dalam memberikan bimbingan dan didikan sesuai dengan tujuan dari arti belajar itu sendiri.

Kawan-kawan semua, seperti kita ketahui bersama bahwa paradigma dalam dunia pendidikan terus berkembang seiring dengan teori-teori baru yang muncul dari para ahli seputar dunia pendidikan dan proses tumbuh kembang siswa yang banyak dipengaruhi oleh lingkungan itu sendiri atau socio-cultural.  Begitupun yang terjadi dalam psikologi seputar dunia pendidikan. Di dalam masa perkembangan saat ini muncul secara berurutan beberapa aliran psikologi pendidikan, diantaranya:

    1.      Psikologi behavioristik
    2.      Psikologi kognitif, dan
    3.      Psikologi humanistis.

Ketiga pendekatan ini memiliki implikasi yang luas terhadap proses pendidikan, ketiga teori ini memiliki tujuan dan peranan untuk kepentingan pembelajaran, pengelolahan kelas, pembimbingan serta berbagai kegiatan pendidikan lainnya. Seiring perkembangan aliran psikologi tersebut, maka muncul pula berbagai teori-teori tentang belajar, yaitu :
·  Teori-teori belajar psikologi behavioristik (lihat selengkapnya di sini)
·  Teori-teori belajar psikologi kognitif (lihat selengkapnya di sini)
·  Teori-teori belajar psikologi humanistis (lihat selengkapnya di sini

0 comments:

Post a Comment