Friday, July 1, 2011

Teori Belajar Psikologi Behavioristik


Teori Belajar Psikologi Behavioristik

Pada artikel sebelumnya, saya sudah mengenalkan teori-teori belajar itu sendiri, yaitu teori belajar psikologi behavioristik, teori belajar kognitif, dan teori belajar humanistik. Nah, pada kesempatan ini, saya akan masuk ke inti teori belajar yang pertama, yaitu Teori Belajar Psikologi Behavioristik.

Menurut Teori Behavioristik, belajar adalah perubahan tingkah laku sebagai akibat dari adanya interaksi antara stimulus dan respon. Seseorang dianggap telah belajar sesuatu apabila ia mampu menunjukkan perubahan tingkah laku. Dengan kata lain, belajar merupakan bentuk perubahan yang dialami siswa dalam hal kemampuannya untuk bertingkah laku dengan cara yang baru sebagai hasil interaksi antara stimulus dan respon. Para ahli psikologi dalam rumpun behaviorisme ingin meneliti psikologi secara obyektif.

Teori Behavioristik juga dikenal sebagai teori Jill and Jack. Berikut adalah bagan yang diambil dari karya ilmiah profesor Dr. Bahri Arifin, M.Hum. yang disalin dari buku Leech (1974).
Tabel 1.
A

B

C
Practical events preceding the act of speech (Jill's Hunger)

Speech : Transfer information processes

Pracrical events following the act of speech (Jack's getting the apple)









A

B

C
S




r                     s

R



Dimana s dan r untuk verbal stimulus dan respon, sedangkan S dan R untuk eksternal stimulus dan respon

Menurut teori ini yang terpenting adalah masukan atau input yang berupa stimulus (S) dan keluaran atau output yang berupa respon (R). Sedangkan apa yang terjadi di antara stimulus (s) dan respon (r) dianggap tidak penting diperhatikan karena tidak bisa diamati. Faktor lain yang juga dianggap penting oleh aliran behavioristik adalah faktor penguatan (reinforcement) penguatan adalah apa saja yang dapat memperkuat timbulnya respon. Bila penguatan ditambahkan (positive reinforcement) maka respon akan semakin kuat. Begitu juga bila penguatan dikurangi (negative reinforcement) respon pun akan tetap dikuatkan.

            Prinsip-prinsip teori behaviorisme:
        1. Obyek psikologi adalah tingkah laku
        2. semua bentuk tingkah laku di kembalikan pada reflek
               3. mementingkan pembentukan kebiasaan

Untuk penjelasan yang lebih rinci mengenai Para Ahli dari Psikologi Belajar Behavioristik, cukup buka atau kunjungi halaman berikut ini:
AHLI PSIKOLOGI BEHAVIORISTIK DISINI
-          Ivan Petrovich Pavlov (1849 – 1936)
-          Edward Lee Thorndike (1874 – 1949)
-          John Broadus Watson (1878 – 1958)
-          Burrhus Frederic Skinner (1904 – 1990
-          Robert Gagne (1916 – 2002)

Atau baca juga:

0 comments:

Post a Comment