Friday, July 1, 2011

Robert Gagne (1916 – 2002) | Ahli Psikologi Behavioristik

Robert Gagne (1916 – 2002) | Ahli Psikologi Behavioristik - Selanjutnya adalah Robert Gagne. Teori gagne banyak dipakai untuk mendisain Software instructional (Program berupa Drill Tutorial). Kontribusi terbesar dari teori instructional Gagne adalah 9 kondisi instructional:
  •  Gaining attention = mendapatkan perhatian
  •  Intorm learner of objectives = menginformasikan siswa mengenai tujuan yang akan dicapai
  • Stimulate recall of prerequisite learning = stimulasi kemampuan dasar siswa untuk persiapan belajar.
  • Present new material = penyajian materi baru
  • Provide guidance = menyediakan pembimbingan
  • Elicit performance = memunculkan tindakan
  • Provide feedback about correctness = siap memberi umpan balik langsung terhadap hasil yang baik
  • Assess performance = Menilai hasil belajar yang ditunjukkan
  • Enhance retention and recall = meningkatkan proses penyimpanan memori dan mengingat.
Gagne disebut sebagai modern noebehaviouristik karena mendorong guru untuk merencanakan pembelajaran agar suasana dan gaya belajar dapat dimodifikasi.

Teori behavioristik sering kali tidak mampu menjelaskan situasi belajar yang kompleks, sebab banyak variabel atau hal-hal yang berkaitan dengan pendidikan dan atau belajar yang tidak dapat diubah menjadi sekedar hubungan stimulus dan respon. Teori ini tidak mampu menjelaskan alasan-alasan yang mengacaukan hubungan antara stimulus dan respon ini dan tidak dapat menjawab hal-hal yang menyebabkan terjadinya penyimpangan antara stimulus yang diberikan dengan responnya. Namun kelebihan dari teori ini cenderung mengarahkan siswa untuk berpikir linier, konvergen, tidak kreatif dan tidak produktif. Pandangan teori ini bahwa belajar merupakan proses pembentukan atau shapping yaitu membawa siswa menuju atau mencapai target tertentu, sehingga menjadikan peserta didik untuk tidak bebas berkreasi dan berimajinasi.

0 comments:

Post a Comment