Wednesday, July 13, 2011

Discovery Learning Jerome Brunner | Ahli Teori Psikologi Belajar Kognitif

Jerome A. Brunner merupakan salah satu ahli yang mengembangkan Teori Belajar Kognitif selain Lewin dan Jean Piaget (sudah saya posting sebelumnya). Jerome atau lebih dikenal dengan Bruner memperkenalkan Discovery Learning sebagai teorinya dalam mengembangkan Teori Psikologi Belajar Kognitif. Bruner juga seorang penulis produktif. Dantara karya tulisnya antara lain:

    Acts of Meaning (Harvard University Press, l99l)
    The Culture of Education (Harvard University press, 1996)
    The Process of Education (Harvard University press. 1960)
    Toward a Theory of Instruction (Harvard Univenity press, 1966)
    Beyond the Information Given; Studies in the Psychology of Knowing (Norton, 1973)
    Child’s Talk: Learning to Use Language (Norton, 1983)
    Actual Minds, Possible Worlds (Harvard, University press, 1986)

Beliau bertugas sebagai profesor psikologi di Harvard University di Amerika Serikat dan dilantik sebagi pengarah di Pusat Pengajaran Kognitif dari tahun 1961 sehingga 1972, dan memainkan peranan penting dalam Structur Projek Madison di Amerika Serikat.  Setelah itu, beliau menjadi seorang profesor Psikologi di Oxford University di Inggris.

Jerome Bruner adalah seorang ahli psikologi perkembangan dan ahli psikologi belajar kognitif. Pendekatannya tentang psikologi adalah eklektik. Penelitiannya yang demikian banyak itu meliputi persepsi manusia, motivasi, belajar dan berfikir. Dalam mempelajarai manusia, ia menganggap manusia sebagai pemroses, pemikir dan pencipta informasi. Bruner menganggap, bahwa belajar itu meliputi tiga proses kognitif, yaitu memperoleh informasi baru, transformasi pengetahuan, dan menguji relevansi dan ketepatan pengetahuan. Pandangan terhadap belajar yang disebutnya sebagai konseptualisme instrumental itu, didasarkan pada dua prinsip, yaitu pengetahuan orang tentang alam didasarkan pada model-model mengenai kenyataan yang dibangunnya, dan model-model itu diadaptasikan pada kegunaan bagi orang itu.

Teori Brunner menyatakan bahwa anak harus berperan secara aktif  belajar di kelas. Maksud dari Discovery Learning yaitu siswa mengorganisasikan metode penyajian bahwa dengan cara dimana anak dapat mempelajari bahan itu, sesuai dengan tingkat kemampuan anak.

The act of discovery dari Burner:

1. Adanya suatu kenaikan di dalam potensi intelektual.

2. Ganjaran intrinsic lebih ditekankan daripada ekstrinsik.

3. Murid yang mempelajari bagaimana menemukan berarti murid itu menguasai metode discovery learning.

4. Murid lebih senang mengingat-ingat informasi.

0 comments:

Post a Comment